NASIONAL

KAI Jakarta Siapkan 67 Kereta Antisipasi Lonjakan Pemudik

, Lintas Indonesia
FOTO | ISTIMEWA ]
Jakarta, Lintas Indonesia --

Jakarta, -- Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta John Roberto menyampaikan pihaknya telah menyiapkan paling sedikit 67 kereta api untuk antisipasi lonjakan penumpang pada musim Lebaran 2017.

"Kami akan siapkan 67 kereta api, terdiri dari 52 kereta api reguler dan 15 kereta api tambahan. Dengan demikian, akan ada 8.504 seat tambahan setiap harinya dari total 41.778 seat dari kereta api reguler," kata John di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (14/3).

Adapun antisipasi penambahan kereta api ini dimulai pada 18 Juni hingga 5 Juli 2017, dengan prediksi puncak kepadatan pada 24 Juni (H-1) hingga 28 Juni (H+2). 


Selain itu, John menjelaskan, PT KAI juga menyediakan fasilitas angkutan sepeda motor gratis bagi masyarakat. Fasilitas ini mulai diberlakukan pada tanggal 18 Juni hingga 5 Juli 2017. 

"Kuota angkutan motor gratis ini sendiri ada sebanyak 18.096, dan hingga kini sudah terisi 13.423. Sekitar 75 persen," katanya.

Posko penerimaan angkutan sepeda motor gratis ini dapat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat dan Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT KAI untuk rutin melakukan pengecekan terkait kesiapan moda transportasi yang akan digunakan selama musim Lebaran 2017 mendatang. 

"Saya juga minta kepada PT KAI untuk meningkatkan service kepada penumpang pada musim lebaran nanti. Selalu lakukan ramp check, terhadap keadaan rel maupun kereta api. Supaya tidak ada masalah pada saat lebaran atau peak season," ujar Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

 


Artikel Terkait
Terpopuler