Menhan, Purnomo Yusgiantoro. Terbang Dengan F-16, Wing Disematkan
Sabtu, 07 April 2012 03:03
Lintas Indonesia - Jakarta. Halim Perdanakusuma. Menteri Pertahanan Bapak Purnomo Yusgiantoro selama tiga puluh tujuh menit terbang mengitari langit Jakarta-Bogor menggunakan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang diawaki oleh Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Ali Sudibyo, Kamis (5/4), bertolak dari Base-Ops Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Turut serta pada penerbangan ekslusif ini adalah Kepala Staf TNI AU Marsekal Pnb Imam Sufaat, SIP; dengan pesawat F-16 yang kedua.
Secara berurutan F-16 yang membawa orang penting di negeri ini take-off dari run-way Lanud Halim. Sebelumnya di ruang VIP Suma 3 Lanud Halim, menerima briefing penerbangan yang disampaikan oleh staf Base-Ops tentang situasi cuaca yang sedang terjadi.

Hal ini turut menentukan jadi tidaknya penerbangan kali ini. “Safety First!” kata Menhan yang juga sudah pernah terbang dengan pesawat Sukhoi beberapa waktu yang lalu. “Siap, dilaksanakan”, jawab Letkol Pnb Ali Sudibyo. “ Sebenarnya rencana awal adalah melihat-lihat pemandangan ke Pelabuhan Ratu dan Krakatau, namun karena cuaca,
rencana ini dibatalkan”, ungkap Komandan Skadron Udara 3 ini kepada Menhan.

Sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Dokter Kementerian dan dari Tim Dokter Lanud Halim, untuk mengetahui kondisi dan kesiapan Menhan dan Kasau ikut serta dalam penerbangan ini setelah meninjau kesiapan pelaksanaan perayaan HUT TNI AU ke-66 di taxy-way echo Lanud Halim.

Setelah mendarat dengan selamat di Lanud Halim, Kasau menyematkan Wing penghargaan kepada Menhan atas keberhasilannya mengawaki pesawat F-16 setelah melalui serangkaian tes di usia yang tidak muda lagi. Dan Menhan berhasil melalui semuanya. Hadir pada penyematan ini, adalah Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. (PEN-AU/Bri).