NUSANTARA

Portal Resmi Volunteer Asian Games 2018 Diluncurkan

, LINTASINDONESIA.com
- FOTO | ISTIMEWA ]
LINTASINDONESIA.COM, -- JAKARTA-- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) meluncurkan secara resmi portal volunteer atau sukarelawan yang akan terlibat sebagai staf dan workforce pesta olahraga bangsa Asia yang akan digelar, 18 Agustus - 2 September 2018. Ketua INASGOC Erick Thohir saat peluncuran acara, Senin (18/9) di Jakarta, menyatakan semua perekrutan volunteer tidak dikenakan biaya.

"Selama ini saya mendengar, untuk mendaftar dikenakan biaya Rp 50 ribu. Saya tegaskan tidak ada pungutan biaya apapun untuk menjadi volunteer. Selain kesempatan ikut dalam sejarah, volunteer juga akan mendapat uang transportasi, uang makan. dan fasilitas lainnya," kata Erick.

Rencana rekuitmen untuk volunteer sebanyak 13 ribu. Selain Erick, seluruh jajaran deputi INASGOC, serta perwakilan human resources development Palembang juga hadir. Momen peluncuran diresmikan saat lima calon volunteer yang merupakan perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi melakukan pendaftaran secara online.

"Tepat sebulan setelah hitung mundur setahun menuju Asian Games 2018, portal rekruitmen volunteer yang akan terlibat di pesta olahraga terbesar Asia resmi kami buka. Hal ini kian menunjukkan keseriusan kami menggelar Asian Games 2018. Saya berharap sekali, banyak anak-anak muda Indonesia mendaftarkan diri dan ikut serta karena Asian Games kali ini milik kita dan harus kita sukseskan bersama," ujar Erick.

Pria yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu menambahkan, kesempatan menjadi sukarelawan di Asian Games 2018 merupakan sesuatu yang langka.

"Belum tentu dalam 56 tahun lagi kita akan berkesempatan menjadi tuan rumah. Apalagi, Asian Games merupakan multievent terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade. Jika ada anak-anak muda kita punya kualifikasi sesuai persyaratan, seperti bahasa asing, kemampuan komunikasi, dan lain-lain, maka saya mengajak untuk menjadi bagian dari Asian Games ini," tambahnya.

Untuk mendaftar sebagai volunteer Asian Games, para calon bisa melakukan registrasi melalui sistem perekrutan online yang ada dalam website resmi Asian Games 2018, yakni volunteer.asiangames2018.id.

Sistem rekruitmen online merupakan kerja sama antara Departemen Human Resource & Volunteer dengan Departemen IT&T INASGOC. Pendafataran ini terbuka bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan khususnya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terpilih.

Periode registrasi untuk test event resmi di bulan Februari 2018 akan dibuka mulai hari ini, 18 September hingga 23 Oktober 2017. Sedangkan pendaftaran untuk Games Times akan mulai dibuka pada bulan Desember 2017.

Volunteer yang telah berpartisipasi pada test event diharapkan dapat berpartisipasi kembali saat games times, dengan lingkup tugas atau penempatan yang sama karena sudah terlatih saat berpartisipasi di test event.

"Secara keseluruhan INASGOC membutuhkan sekitar 13 ribu relawan untuk games times pada tahun depan. Namun untuk menghadapi test event resmi Asian Games 2018 yang semakin dekat pada Februari, INASGOC membutuhkan sekitar 2.000 volunteer. Departemen HR & Volunteer sudah mempunyai 100 volunteer untuk melakukan TOT (Training of Trainee) kepada calon volunteer yang lulus tahapan seleksi," kata Pusparani Hakim, Koordinator Human Resource & Volunteer Department INASGOC.

Ia juga menjelaskan, karena daya tarik pesta olahraga yang diikuti 45 NOC (National Olimpic Committee) di benua Asia ini juga menarik minat generasi muda dari luar negeri, maka pihaknya memberikan porsi 30% dari total kebutuhan kepada para volunteer dari luar Indonesia.

Semua pendaftar akan melalui proses screening ketat dan melibatkan instansi terkait di pemerintahan. Sementara persyaratan lainnya, bersifat umum, bagi calon dari Indonesia maupun luar negeri. Seperti, berusia 18 atau lebih, menguasai Bahasa Inggris dan atau bahasa negara-negara Asia, komunikatif, inisiatif dan mampu bekerja dalam tim, bersemangat dan ingin mempelajari hal baru.

Jadwal rekrutmen volunteer untuk test event Februari 2018:

1. Pendaftaran online: 18 September - 23 Oktober 2017

2. Pemanggilan calon volunteer yang telah berhasil melalui tahapan-tahapan yang ada: 20-25 November 2017

3. Grup diskusi dan wawancara: 27 November - 02 Desember 2017

4. Penandatanganan kontrak volunteer test event: 12-16 Desember 2017

Artikel Terkait
Terpopuler