HUKUM

KPK Kembali Panggil Setya Novanto

, LINTASINDONESIA.com
- FOTO | ISTIMEWA ]
LINTASINDONESIA.COM, -- JAKARTA -- Ketua DPR Setya Novanto kembali masuk dalam jadwal pemeriksaan saksi di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Senin (6/11).

Novanto dijadwalkan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo dalam kasus korupsi KTP elektronik.

"Saudara Setya Novanto hari ini kembali kami panggil untuk diperiksa terkait kasus KTP-el dengan tersangka ASS," kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (6/11).

Ini merupakan pemanggilan ulang untuk Novanto. Sebelumnya, pada Senin pekan lalu (30/10) penyidik KPK juga memanggil ketua umum Partai Golkar tersebut. Namun ia mangkir dari panggilan KPK karena tengah mengunjungi konstituen di masa reses DPR.

Febri mengatakan, KPK belum akan melakukan penjemputan paksa kepada Novanto. Meski begitu, Febri menegaskan bahwa kehadiran saksi merupakan suatu kewajiban hukum.

"Kami ingatkan pejabat publik sepatutnya memahami bahwa hadir sebagai saksi adalah kewajiban hukum," kata Febri kepada wartawan, Rabu lalu (1/11).

Jumat akhir pekan lalu (3/11), Novanto memenuhi panggilan jaksa penuntut umum KPK untuk hadir sebagai saksi di sidang terdakwa korupsi KTP-el Andi Agustinus alias Andi Narogong.

KPK pernah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi KTP-el. Namun status tersangka pudar dengan kemenangannya atas KPK di sidang Praperadilan. [RMOL.CO]

Artikel Terkait
Terpopuler