OTOMOTIF

Daihatsu Luncurkan All New Terios, Makin Nyaman dan Ini Fitur Tambahannya

, LINTASINDONESIA.com
- FOTO | ISTIMEWA ]
LINTASINDONESIA.COM, -- JAKARTA - Daihatsu membidik ceruk pasar kendaraan utilitas sport (sport utility vehicle/SUV) kelas medium yang cukup potensial. Hal itulah yang membuat Daihatsu meluncurkan All New Terios, wajah baru SUV medium andalan Daihatsu di Hotel Kempinski, Jakarta, belum lama ini.

Peluncuran dilakukan di hari yang sama dengan saudara kembarnya, Toyota Rush. Keduanya diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat.

"Penjualan otomotif meningkat pesat sejak 10 tahun belakangan ini. Sejak 2006 hingga 2016, penjualan naik tiga kali lipat, dari sekitar 300.000 menjadi 1,06 juta unit. Kendaraan SUV medium juga meningkat dari hanya berkontribusi 2 persen pada di 2006 menjadi 11 persen 2016. Kenaikan itu tidak lepas dari hadirnya mobil kolaborasi Daihatsu Terios dan Toyota Rush," tutur Vice President Director ADM Sudirman MR.

Hadir pada kesempatan itu, Presiden Daihatsu Motor Co Ltd Soichiro Okudaira dan sejumlah manajemen Daihatsu di Indonesia.

Sudirman menjelaskan, sejak diluncurkan pada 2006, Terios sudah mengalami tiga kali perubahan minor yakni pada 2010, 2013, dan 2015. Kini, setelah satu dekade hadir di Tanah Air, SUV medium berkapasitas tujuh penumpang itu berubah drastis dengan desain baru yang mengedepankan kebutuhan konsumen Indonesia.

All New Terios tampil dengan banyak fitur baru. Mesin yang diusung adalah Dual VVT-I 1.5L, lebih efisien 10-15 persen dari varian sebelumnya serta mudah dalam perawatan. Ruang kabin dan bagasi makin luas, terutama setelah tidak lagi disematkan ban serep di bodi belakang seperti di varian lama.

Dikemukakan, All New Terios semakin nyaman dengan beberapa fitur tambahan seperti adanya fitur menyalakan mesin dengan satu tombol atau New Start Stop Button di tipe R. Lalu, Tilt Steering di mana pengemudi bisa mengatur ketinggian kemudi, dan adanya New Digital Auto AC sehingga pengendara bisa lebih mudah mengatur pendingin ruang kabin.

Belum lagi adanya kamera monitor yang memantau kondisi parkir di sejumlah sudut, termasuk dari atas mobil. Penambahan lainnya yakni fitur keamanan dan keselamatan dengan teknologi terkini untuk menjaga perjalanan berkendara.

Mobil ini dilengkapi New Hill Start Assist (HAS), fitur yang bisa mengendalikan mobil ketika berhenti di tanjakan bisa bertahan beberapa saat sehingga tidak mundur saat berakselerasi. Selain itu, ada juga fitur Vehicle Stability Control (VSC) di mana pengendara akan lebih aman saat bermanuver di tikungan dalam kondisi jalanan licin.

Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation Supranoto menambahkan, dengan banyaknya tambahan fitur di Terios terbaru, harga jual Terios hanya naik sekitar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta dari harga Terios sebelumnya.

Harga Terios sebelumnya (OTR Jakarta) mulai dari varian terendah (Terios X MT) hingga varian tertinggi (Terios R AT Adventure) adalah Rp 195,2 juta hingga Rp 252 juta. Supranoto memperkirakan, All New Terios akan terjual sekitar 2.000 unit per bulan dan mulai didistribusikan ke konsumen pada Januari 2018 mendatang. (IWAN HIDAYAT)

Artikel Terkait
Terpopuler